Book Review : Reality Boy by A.S King (Spoiler Review)

Title: Reality Boy
Author: A.S King
Published by: Little Brown Books 
Pages: 353 Pages
Published on : October 22, 2013
Format : paperback
Started on : October 20, 2014
Finished on : October 22, 2014
Rating : 4 / 5 stars











Summary :
Gerald Faust knows exactly when he started feeling angry: the day his mother invited a reality television crew into his five-year-old life. Twelve years later, he’s still haunted by his rage-filled youth—which the entire world got to watch from every imaginable angle—and his anger issues have resulted in violent outbursts, zero friends, and clueless adults dumping him in the special education room at school.

Nothing is ever going to change. No one cares that he’s tried to learn to control himself, and the girl he likes has no idea who he really is. Everyone’s just waiting for him to snap…and he’s starting to feel dangerously close to doing just that.

In this fearless portrayal of a boy on the edge, highly acclaimed Printz Honor author A.S. King explores the desperate reality of a former child “star” who finally breaks free of his anger by creating possibilities he never knew he deserved. 

Review :

I read in English & This review is written in Bahasa
This review contains of spoiler, stay away if you are not spoiler fans 

saya mau berteriak sekeras-kerasnya setelah selesai baca buku YA ini! ceritanya sangat kompleks, dark-angst, menguras emosi dan pikiran kok bisa-bisanya ya ada keluarga seperti ini? Alkisah di suatu keluarga hiduplah pria remaja bernama Gerard Faust yang berusaha hidup "normal" di tengah kekacauan yang terjadi di hidupnya. Sejak kecil ia sudah dihadapkan untuk berakting menjadi anak yang nakal didalam acara reality show "Nanny Program" dimana ia memerankan sebagai anak ternakal yang susah dididik (Saking nakalnya dia sampe maaf *BAB* di meja makan dan sepatu orang tuanya loh). Disinilah semuanya dimulai ketika Fake Nanny menjalankan tugasnya untuk menjadikan keluarga itu baik sesuai dengan fungsi tugasnya masing-masing. Di depan televisi Orangtua Gerard, kakak2nya yaitu Tasha, Lisi terlihat seperti keluarga yang normal tetapi sebenernya hal itu semua hanya kamuflase di luar kulitnya saja.

Ini adalah hal-hal yang selama ini dialami oleh Gerard di dalam keluarganya. Bayangkan hal-hal ini terjadi di diri kamu sendiri? 

1. Tasha kakak tertua Gerard selalu mengejek dan selalu berusaha membunuh adik-adiknya Gerard dan Lisi di setiap kesempatan dengan cara membekapkan bantal kemuka mereka atau menceburkan kepala mereka ke dalam WC.. *Kakak psikopat

2. Orangtua Gerard tidak peduli dengan sikap Tasha yang psikopat bahkan cenderung mengabaikan dan pura-pura bersikap bahwa semua ini tidak ada apa-apa. Padahal mereka tahu loh kalo Tasha sering menyiksa adik-adiknya

3. Gerard mengalami kasus penanganan emosi amarah yang sangat parah hingga ikut kelas anger management dengan coachnya yang bernama roger dan menyalurkan amarahnya dengan boxing class. Apa pencetusnya? apalagi kalo bukan kakaknya, Tasha yang sering menyiksanya hingga dia menyalurkan amarahnya ke orang lain/benda

4. Gerard mengalami kekecewaan dan kemarahan yang sangat parah karena orang2 masih menganggap di reality show itu adalah diri dia yang sebenernya dan orangtuanya tidak peduli dengan dirinya meskipun dia bersikap nakal sekalipun (Cari perhatian maksudnya disini)

5. Saking parahnya kasus emosi pada Gerard, Ibunya bahkan memohon pihak sekolah agar putranya dimasukkan ke kelas SPED atau kelas-kelas untuk orang2 yang bermasalah dan tidak bisa mengikuti kelas reguler biasanya. terbayang gimana suramnya masa-masa sekolah Gerard yang kelam?

6. Ibunya Gerard SANGAT memanjakan dan membiarkan tingkah laku dari putri sulungnya, Tasha. Kebayang gak si Tasha ini bahkan suka menampar dan memukul ibunya sendiri?! what the.. dan Gerard suka melihat kejadian ini tanpa bisa melakukan apa-apa hingga jiwanya terguncang (hide spoiler)]

Bagaimana ending dari buku YA ini? Apakah yang terjadi pada Gerard? saya suka dengan endingnya! meskipun hidup Gerard banyak menemui lika-liku jalan yang penuh kesulitan tapi pada ujungnya akan ada akhir yang manis untuk bisa membuat tersenyum *__* saya sangat merekomendasikan untuk teman-teman yang senang membaca buku Young Adult tapi topiknya kompleks berbeda dari biasanya yaitu mengenai konflik dan disfungsional keluarga! Dari 3 buku A.S King yang sudah saya baca.. buku yang paling saya suka itu urutannya :
1. Reality Boy
2. 
Ask the Passengers
3. 
Please Ignore Vera Dietz

Awards untuk buku Reality Boy 
A New York Times Editors' Choice
A 2013 Publishers Weekly Best YA Book
A 2013 School Library Journal Best Book
A 2013 Kirkus Reviews Best YA Book
A 2013 VOYA Perfect Ten Book
A 2013 Association of Booksellers for Children Best Book for Children
A 2014 YALSA Best Fiction for Young Adults Book
A 2014 YALSA Quick Picks for Reluctant Young Readers Book
An Amazon Best Book of the Month
A Publishers Weekly Book of the Week
A Winter 2013-2014 Top Ten Kids' Indie Next List Pick
A 2014 Texas Tayshas Reading List Top Ten Book
A 2014 Carolyn W. Field Award Nominee

Jadi tunggu apa lagi? ayo ikutan baca buku ini! 4 dari 5 bintang! 

0 comments:

Post a Comment